Langsung ke konten utama

Cara membuat bakso sendiri dirumah


Cara membuat bakso sendiri dirumah - Bakso merupakan makanan yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua menyukai makanan yang namanya bakso.

Sejak perkembangan jaman pembuatan bakso semakin bervariasi dari segi isi dan bentuk, jikalau anda tertarik untuk membuat bakso sendiri, saya akan membagikan bahan dan cara yang cukup sederhana dalam membuatnya dirumah.

Membuat bakso bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

Bahan-bahan:

Daging sapi (sekitar 500 gram), bisa dicampur dengan daging ayam atau ikan jika diinginkan.
Tepung tapioka atau tepung kanji (sekitar 100 gram).
Es batu (sekitar 100 gram).
Garam secukupnya.
Bawang putih (1-2 siung) dan bawang merah (1 buah), cincang halus.
Kaldu sapi atau kaldu ayam (opsional).
Telur (1 buah) untuk adonan bakso.
Penyedap rasa (opsional).
Langkah-langkah:

Potong daging menjadi potongan kecil dan haluskan dengan food processor atau giling daging. Campurkan bawang putih, bawang merah, garam, dan kaldu sapi atau ayam jika digunakan.

Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk hingga adonan tercampur rata.

Tambahkan es batu dan telur ke dalam adonan. Lanjutkan mengaduk hingga adonan menjadi kenyal dan elastis.

Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil untuk membuat bakso. Anda bisa membentuknya dengan tangan yang sudah dibasahi air agar tidak lengket.

Didihkan air dalam panci besar. Setelah mendidih, masukkan bakso satu per satu ke dalam air mendidih. Rebus hingga bakso mengapung dan matang (biasanya sekitar 5-7 menit).

Angkat bakso yang sudah matang dan tiriskan.

Bakso siap disajikan dengan kuah kaldu dan mie, atau sebagai tambahan dalam berbagai masakan seperti bakso goreng, bakso bakar, atau bakso aci.

Selamat mencoba membuat bakso sendiri di rumah ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Debat Capres RI 2024 (live)

Debat perdana capres-cawapres 2024 akan diselenggarakan pada hari ini, Selasa (12/12/2023). Ketiga paslon yang bersaing di Pilpres tahun depan akan beradu gagasan untuk memperlihatkan kelayakan mereka di depan masyarakat. Anda bisa menyaksikan debat pertama capres-cawapres 2024 di TV maupun siaran online di channel YouTube dan platform streaming.       Tema Debat Capres-Cawapres 2024 Tema debat pertama (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. Tema debat kedua (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan. Tema debat ketiga (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik Tema debat keempat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Tema debat kelima (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan

Informasi gizi